Kamis, 05 Februari 2015

Mengatasi Laptop Yang Kemasukan Air

Beberapa hari yang lalu dapat pengalaman yang tak terlupakan. Saat perjalanan pulang ke tempat kos, hujan turun dengan lebatnya. Dan kebetulan waktu itu ga bawa jas hujan. Dan di dalam tas ada sebuah laptop. Bisa berabe nih kalo kena air. Sebetulnya gapapa sih kalo laptopnya rusak. Asal kenangan yang tersimpan dalam laptop tu tidak rusak. Ehhh
Awalnya sih mau berteduh, tapi ga jadi karena sepertinya bakal lama. dan saya takut teringat kenangan di masa lalu bakal terulang kembali. Akhirnya saya putuskan menerobos hujan yang agak lebat kayak bulu keteknya eva Arnaz waktu main film sama warkop DKI. Masalah laptop, saya sudah lindungi tas saya dengan cover bag. Biar air ga masuk ke dalam tas. Lets go...
Setelah sampai di kos, saya lepas baju basah saya dan segera ganti dengan baju yang kering. Hati saya agak berdesir ketika membuka cover bag. Ada sebagian air yang bersikeras masuk ke tas saya meskipun tas saya sudah di cover. Dan hal yang saya takutkan benar-benar terjadi. Laptop saya basah kemasukan air.
Waktu itu saya benar-benar panik. Bagaimana kalau harga kos akan naik akibat harga bbm yang juga ikut naik. Bagaimana kalau keberadaan low cost carrier benar-benar dihapus. Saya belum siap untuk itu semua. Dan yang paling saya khawatirkan waktu itu, bagaimana kalau laptop saya nggak bisa nyala.
Setelah tanya ke beberapa teman yang sering selingkuh. Eh, maksud saya yang tahu soal dunia per-laptop-an. Dan setelah merengek ke eyang gugel. Saya dapatkan solusi jika laptop kemasukan air. Berikut ini tips dari saya apabila ada yang mengalami masalah laptop kemasukan air:
1.Makan, minum dan istirahat secukupnya. Karena kalau sakit, kamu tidak akan bisa memperbaiki laptop kamu.
2.Jangan panik. Karena dunia ga akan berakhir hanya karena laptop kamu kemasukan air. Keep calm guys.
3.Jangan nyalakan laptop, karena ditakutkan akan terjadi arus pendek.
4.Lepas semua batery, usb atau peralatan apapun yang tersambung ke laptop.
5.Usapalah semua air yang terdapat di permukaan laptop yang bisa dijangkau dengan kain yang memiliki daya hisap bagus.
6.Keringkan laptop. Bisa dengan dikipas atau dijemur. Tidak disarankan mengeringkan laptop dengan hair dryer. Karena kemungkinan akan terjadi panas yang berlebihan. Dan jangan coba-coba mengeringkan laptop dengan api. Apalagi dengan api cemburu. Jangan....
Setelah seharian dikipasi, akhirnya laptop aku nyalakan. Alhamdulillah laptop bisa menyala. Akan tetapi layarnya agak aneh. Ada sebagain air yang masih terperngkap di dalam LCD. Tapi tenang saja, hal ini bukanlah masalah besar. Karena berdasarkan pengalaman yang saya alami, air tersebut hilang seiring dengan berjalannya waktu. Itulah mengapa ada yang bilang, “time heals almost everything”.
Jika kamu ingin cepat hilang, kamu bisa buka LCD laptop mu. Lalu kamu bersihkan air yang masih terperangkap di situ.

18 komentar:

  1. Misi kak, laptop saya abis keujanan juga. Dan dibawa ke tempat service diganti IC nya. Alhamdulilah nyala. Tapi layarnya kaya akuarium banget. Isinya air semua. Kira2 kalo banyak gitu bisa ilang gak airnya? Kalau mau copot bukannya bisa ngerusak lcd nya? Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,saya juga belum tahu. tapi sepertinya bisa hilang sendiri kok

      Hapus
  2. kalo udah kena air kyknya ngga bisa pulih total ya gan...

    BalasHapus
  3. Kalo air alkohol bisa ilang gak

    BalasHapus
  4. Kalo case saya waktu itu laptop nya kemasukan air kopi di bagian bawah ram dan juga sedikit kena motherboard. Awalnya saya kira yg bermasalah speaker nya jd saya cek dan tidak apa2. Namun begitu saya buka website layar nya hitam namun mesin madi menyala, akhirnya saya bongkar dan bersihkan. Kira2 masi ada peluang utk nyala lg kah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah ngalamin saya. semoga segera terpecahkan masalahnya

      Hapus
  5. rabu kemarin laptop saya juga begitu, terkena tumpahan air yg tidak sengaja, dibagian taskpatnya kak, lalu beberapa keyboard juga kena, setelah dibongkar dan semua perangkat dalamnya dikeringkan saya nyalakan kembali, lalu bisa, lalu hang, lalu kembali lagi ada tulisan dilayar bahwa harddisk saya tdak terdetek, apa yang terjadi kak?

    BalasHapus
  6. netbuk saya juga kebahasan dan coba dimasukin beras sebenernya percaya ga percaya sih tp akhirnya nyala setelah dua hari di diamkan. Tanpa haddryer tanpa kipas.
    cuman ya kotor netbuknya hehe

    BalasHapus
  7. Kira-kira berapa lama air yang berada di LCD akan hilang bang?

    BalasHapus
  8. Lcd laptop ane kena air nih, udh didiemin pake silica gel gak ilang",kira" kalo didiemin aja bisa ilang gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman saya hilang sendiri gan. atau mungkin lebih cepet kalau dijemur.

      Hapus
  9. Bang, buat sisa air di LCD nya ilangnya berapa lama?

    BalasHapus
  10. slmt diang gan, laptop sy kemasukan air (malah terendsm sebelah) dan sdh sy krringkan selama 2 hari, tp gak mau nyala (sy cas,lampu indikatornya nyala), tdk ada bau konslet, solusinya apa ya?, tks

    BalasHapus