Senin, 16 Mei 2016

Resep Keluarga Penggoyang Lidah: Sambel Tempe

Sambel Tempe Penggoyang Lidah
Dulu, saya sering menggerutu kalau diminta untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di dapur. “Lha wong cah lanang kok dikongkon ngewangi masak (Cowok kok disuruh bantu masak),” gerutu saya. Meski pada akhirnya saya lakukan.

Beberapa tahun berlalu.

Hingga saat akhirnya saya hijrah ke Jakarta dan menyewa rumah kontrakan bersama teman-teman saya. Barulah hikmah sering membantu di dapur saya rasakan. Saya jadi tidak kagok ketika harus memasak sendiri demi menghemat uang jajan. Terima kasih Nek untuk ilmu nya.

Skill utama saya adalah membuat sambal. Meskipun belum bisa dikatakan enak, tetapi setidaknya sambal buatan saya selalu habis. Mungkin teman-teman saya yang giras. Entah

Salah satu sambal andalan saya adalah sambal tempe. Bahan dasarnya adalah cabai rawit, cabai merah, bawang putih dan tentunya tempe.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Pertama kita goreng tempenya. Sambil menunggu tempe matang, kita haluskan cabai rawit, cabai merah dan bawang putih ditambah garam serta gula secukupnya. Tentang banyaknya cabai tergantung selera. Mau pedas? Ya tinggal tambahin lomboknya. Mau nikah? Ya harus ada pasangannya, ehh.

Setelah halus, tambahkan sedikit minyak panas. Lalu masukkan tempe yang sudah matang. Haluskan. Dan hasilnya seperti ini. This is it

This is it
Tertarik? Lets try this at home :)

10 komentar:

  1. Bisa g bang kalo tempenya pas digoreng trus dimakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa banget. Pasti kamu keturunan limbad, bisa makan tempe yang lagi digoreng, hahaha

      Hapus
  2. isuk2 nggarai ngiler T T

    menurutku laki2 harus bisa masak yudh.
    soalnya, kalo istri hamil, habis melahirkan, atau sakit, suami harus siap siaga buat masak :)
    proud of your grandma :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew, ada supermom. Iya toy, iki sik belajaran. sungkem . hehehe. Mbahku ancen oye...

      Hapus
  3. huehehhheh kalo ngomong "this is it" harus pake tanktop dong... gak sah nie.. kurang farah quinnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. AH, takut pengunjung pergi bang kalo saya pake tanktop. hwehehe

      Hapus
  4. Mudah kayaknya ya, ntar dicobai mas bikin sendiri di rumah...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah aku mocone orak pas poso.
    Edyaan. ini mah enak bangeet. mauuu ;3

    BalasHapus