Senin, 25 Januari 2016

Gethuk: Makanan Tradisional Yang Mulai Tergerus Zaman

Gethuk asale soko telo. Moto ngantuk iku tandane opo. 
Ala-ala gethuk asale soko telo. Yen kepetuk ati rasane lego

Gethuk Telo
Gethuk adalah makanan tradisional yang bahan utamanya adalah ketela. Bisa ketela pohon atau ketela rambat.

Sekarang ini, makanan tradisional seperti gethuk dan teman-temannya, sering dianggap ketinggalan jaman. Dan juga kuno. Tetapi tidak bagi saya. Bagi saya, gethuk adalah makanan yang sangat memorable (bener ga sih nulisnya). Rasa dan kenangaannya akan selalu melekat di ingatan.


Dulu, saat musim hujanseperti ini nenek saya sering membuatkan gethuk. Ketelanya, langsung mencabut dari kebun sendiri yang terletak di samping rumah.

Saya yang hobi hujan-hujan dan makan gethuk, sangat senang sekali. Senang karena boleh hujan-hujan. Karena sebelum membuat gethuk, saya harus mencabut dulu ketelanya. Dan tambah senang, karena setelah dingin-dingin main air akhirnya bisa makan gethuk.

Dan sekarang, kita sudah mulai memasuki musim hujan. Entah kenapa saya jadi teringat akan gethuk buatan nenek saya. Ingin rasanya makan langsung gethuk buatan nenek. Tapi ya harus pulang dulu ke Juwono. Atau mencoba membuatnya sendiri.

Pilihan ke dua sepertinya lebih masuk akal. mengingat jarak antar Jakarta-Juwono tidak dekat. Akhirnya, saya membeli ketela di abang-abang penjual sayur. Jadi lebih mudah, saya tidak perlu hujan-hujan an untuk bisa mendapatkan ketela. Tapi nyatanya saya malah kangen pingin hujan-hujan an.

Setelah beberapa menit sibuk di dapur, akhirnya jadi juga. Gethuk telo ala saya.
Gethuk telo ala Saya
Bagi yang pingin nyoba bikin gethuk, berikut bahan-bahannya:
  1. Ketela pohon/ketela rambat
  2. Gula pasir
  3. Kelapa muda

Cara membuatya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama, kukus ketela pohon/ketela rambat
  2. Sambil menunggu ketela matang, kita bisa memarut (apa ya bahasa Indonesia nya memarut?) kelapa muda sebagai taburan di atas gethuk.
  3. Jika ketela pohon/ketela rambat sudah matang, angkat. Lalu pindah ke mangkok.
  4. Haluskan ketela pohon/ketela rambat sambil dicampur dengan gula pasir secukupnya.
  5. Jika sudah halus, tambahkan parutan kelapa muda di atasnya.
  6. Hidangkan selagi hangat. Nyam nyam nyam.
This is it
Memang, rasa dan kenangannya sangat jauh berbeda dengan gethuk buatan nenek saya. Gethuk buatan beliau rasanya jauh lebih nikmat. Apalagi bisa makan bareng langsung sama beliau.

Terima kasih untuk nenek atas resep rahasianya. Semoga nenek selalu diberi kesehatan. Aamiin

22 komentar:

  1. hampir sama kayak gengsot
    gengsot mas bukan suster gengsot

    BalasHapus
  2. Getuk enak mas, saya biasanya beli di tukang gorengan pagi-pagi... Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho, ada juga yang digoreng ya. baru tau saya, hehehe

      thax sdh mampir :)

      Hapus
  3. tempatku masih ada yg ngider lho, 3000 se picuk, dah di campur cenil dan ketan juga

    BalasHapus
  4. tempatku masih ada yg ngider lho, 3000 se picuk, dah di campur cenil dan ketan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran mas? enak banget. Tapi aku ga suka ketan. Dulu kalo beli pasti sepaket sama lopis, samplok (bener ga sih nulisnya) sama cenil. hahaa

      Hapus
    2. wew.. kalo yang samplok baru denger, kedengerannya samplok itu bukan makanan deh, tapi nama pukulan

      Hapus
  5. Aku kira getuknya beli lo mas. Ternyata bikin sendiri, difoto warna telonya ijo ya, jadi kayak getuk green tea.

    Untung masing urip nek ndeso, walaupun udah termasuk langka, tapi kalau mau kepasar pagi2, masih ketemu gethuk lindri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ketela rambat e yang warnanya kuning. tapi kok jadi hijau ya kalo di foto. aku ga jago moto sih. jadi malah kyk gethuk greentea. hwhehehe

      Terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  6. Klinik Aborsi dan Kuret aman Terpercaya di Jakarta hanya di :

    http://solusikehamilan.com
    http://mencegahkehamilan.net/tag/klinik-aborsi/
    http://mencegahkehamilan.net/obat-aborsi-dan-klinik-aborsi-aman/
    http://klinikkuret.com/sepintas-tentang-aborsi-dan-kuret/
    http://www.solusikehamilan.com
    https://tempataborsimurahamanjakarta.wordpress.com/
    http://www.klinikkuret.com
    http://klinikaborsikuretjakarta.wordpress.com/



    Klinik Aborsi
    Tempat Klinik Aborsi Kuret
    Klinik Aborsi Jakarta
    Klinik Aborsi Kuret
    Klinik Aborsi Murah Aman
    Klinik Aborsi Aman Jakarta
    Klinik Aborsi Murah di Jakarta

    BalasHapus
  7. kemaren barusan makan getuk dengan tampilan yang lebih elegan. dibentuk bulat panjang kaya lontong lalu kelapanya digunakan buat isian jadi ngga berhamburan kemana2

    BalasHapus
  8. Kelihatan dari gambarnya enak banget tuh..Hmmm, nggak sabar pengen nyobain tuh.

    BalasHapus
  9. makasi yudha resepnyiiaa.. warnanya ayuuu.. ijo seger bikin ngilerrr

    BalasHapus
  10. Sepertinya kelak saya harus belajar resep ini, dan menyediakannya sebagai makanan wajib saat sarapan atau kudapan makan siang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera dipertemukan mas dengan jodohnya, aamiin

      Hapus