Selasa, 28 April 2015

BERINVESTASI DENGAN TRAVELLING



Investasi biasanya identik dengan emas, saham, reksadana ataupun properti. Atau mungkin masih ada jenis investasi lain yang belum saya ketahui, bisa dicantumkan di kolom komentar.
Kebanyakan orang tak akan setuju jika ada yang menyebut travelling adalah sebuah jenis investasi. Karena dengan travelling, uang kita akan berkurang. Meskipun kita sudah melakukan penghematan saat ber-travelling, tetap saja kita akan mengeluarkan uang. Beda lagi kalau kegiatan travelling kita didanai oleh sponsor tertentu. Atau memang profesi kita mengharuskan travelling agar kita memperoleh pendapatan.
Dan saya pun sepakat. Lha piye tho, ngentekne dhuwit kok malah disebut investasi. Lak gemblung banget.
Tapi semua pemikiran itu berubah setelah bincang ringan dengan teman saya.
Menurutnya, travelling juga sebuah investasi. Investasi kenangan dan pengalaman di masa depan.
Karena dengan travelling, kita akan mengunjungi tempat baru. Dan kita akan bertemu dengan orang-orang baru. Yang kemungkinan sangat berbeda budaya dan bahasa dengan kita. Sehingga akan menambah wawasan kita.
Dan dengan travelling, kita akan menjadi lebih dekat dengan sang Pencipta. Dan akan lebih banyak bersyukur atas kenikmatan yang kita peroleh selama ini.
Tentu saja akan banyak kenangan dan pengalaman saat melakukan travelling. Inilah yang akan menjadi cerita jika kita tua kelak. Dimana yang bisa kita lakukan hanya duduk. Sambil ditemani pasangan hidup kita. Tentunya kita tak mau jika yang kita bicarakan hanya tentang banjir, harga-harga yang terus naik ataupun kisruhnya panggung politik. Itu tidak baik untuk kesehata kita di hari tua.
Mari kita isi memori kita tentang indahnya alam ini. Sisihkan sebagian pendapatan kalian untuk investasi kenangan dan pengalaman di masa depan.

NB:
  1. Jangan lupa beribadah meskipun saat melakukan travelling. Karena inti travelling adalah mendekatkan diri kita dengan sang Pencipta,bukan sebaliknya.
  2. Membaca Al-Quran dan terjemahannya lebih baik dari pada membaca blog ini.

5 komentar:

  1. jadi mau investasi kemana mas long week end ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, disambange sesepuh. Belum ada jadwal mas. Jadwal investasi pertengahan bulan Mei ke Sidoarjo. Sambang morosepah.

      Hapus
  2. Wah kyk tau krungu investasi travelling ki.wkwk

    BalasHapus
  3. Wah kyk tau krungu investasi travelling ki.wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha ancen pas iku sing ngomong awakmu kok. Hahaha

      Hapus