Kamis, 21 Juli 2016

Mencicipi Makanan Khas Sidoarjo: MUJAIR ASAP

Mujair Asap

Bingung mau bawa oleh-oleh dari Sidoarjo? Mungkin, menu ini bisa jadi alternatif selain oleh-oleh kerupuk udang yang sudah sangat mainstream. Ya, mungkin kalian bisa mencoba mujair asap.

Belum banyak yang tahu jika bahwa Mujair Asap adalah salah satu makanan khas Sidoarjo. Padahal, Mujair Asap memiliki rasa yang khas apabila dibandingkan dengan ikan mujair yang tidak di-asap-i. Ada sekikit rasa pedas dan gurih, karena ketika di-asap-i, diberi semacam bumbu oles.

Salah satu keunggulan menu ini adalah tidak cepat basi. Karena konon katanya, makanan yang di-asap-i jadi lebih awet dan tidak gampang busuk.

Untuk harga, jangan khawatir. Mujair Asap dibanderol cukup ramah di kantong. Hal ini karena budidayanya yang lebih mudah dibandingkan jenis ikan tawar lainnya. Sehigga harganya cukup murah. Harga satu kilogram nya sekitar Rp. 7.000 - 10.000 dengan jumlah ikan sekitar 5-6 biji. Bagaimana, murah kan?

Setelah menperoleh Mujair Asap, mau diapakan? Yang paling gampang adalah digoreng, Setelah itu dipadukan dengan sambal yang pedas. Bisa sambal tomat ataupun sambal terasi. Tentunya akan sanagt menggoyang lidah kita.

Atau mungkin, kalian bisa mencoba Mujair Asap bumbu panceng. Rasanya seperti bumbu ayam bakar. Tentunya tak kalah enak dengan Mujair Asap yang langsung digoreng tadi.

Oiya, sebelum digoreng atau dimasak yang lain, ada baiknya Mujair Asap dikukus dulu. Agar dagingnya lebih lembut.


Tertarik mencicipi Mujair Asap? Ayo datang ke Sidoarjo :)

12 komentar:

  1. alamaaak.. seriusan itu.. sekilo 7000 dapet ikan 5 ekor... nyaaaaam bangeeet, di tempatku blom ada kayaknya bisa jadi peluang :p

    BalasHapus
  2. Waaah sidoarjo gak mampir rumah Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disamperin blogger kondang nih, ayok ketemuan kalo di sidoarjo cak

      Hapus
  3. ok, next time ke sidoarjo, mujair asap jangan ketinggalan

    BalasHapus
  4. Baru tau aku kalau mujair itu di temukan oleh mbah mujair di blitar.. kudu nyobain ini

    BalasHapus
  5. 1 kg 55 rebo di penatarsewu...tadi barusan..mihil

    BalasHapus
  6. Weee Sidoarjo hehe.

    Ikan ini juara sangatlah! Bahkan dalam beberapa kesempatan, saya lebih milih muajir daripada gurame. Rasanya lebih manis dan gurih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, terima kasih sudah mampir

      Hapus