Jumat, 18 Desember 2015

Tempat Makan Kerang Enak: Kerang Kiloan Mamaji



Hay gaess, tak terasa sudah mau weekend. Sudah ada rencana mau kemana? Jika belum, mungkin tempat ini bisa kalian kunjungi bersama teman, pacar, temennya, pacar, pacarnya teman, gebetan ataupun keluarga.
Terletak di Tangerang, terdapat sebuah tempat makan yang menyajikan kerang dengan konsep kiloan: Kerang Kiloan Mamaji.Tempat ini buka mulai siang hari sekitar pukul 10.00 WIB. Dan tutup pada malam hari sekitar pukul 23.00 WIB. Atau jika persediaan kerang hari itu sudah habis.
∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞
Kami datang pada waktu yang tepat. Hari Senin pukul 20.30 WIB. Sehingga pengunjung juga tidak begitu ramai. Hanya ada 2 pasangan muda-mudi yang sedang asyik menikmati kerang yang mereka pesan.
Segera saja kami menghampiri penjaga tempat makan tersebut untuk memesan kerang. Di Kerang Kiloan Mamaji, terdapat delapan jenis pilihan kerang. Kerang Ijo, Kerang Darah, Kerang Bulu, Kerang Tahu, Kerang Bambu, Kerang Macan, Kerang Kapak dan Kerang Salju. Dari delapan menu tersebut, hanya Kerang Kapak, Bambu dan Salju yang tidak kita pesan. Lainnya, kami pesan masing-masing 1kg. Ditambah nasi Paela, karena rasanya belum makan kalo belum makan nasi. Dan tak lupa pula untuk minumnya kita pesa 2 gelas Es Teh Tsunami.
Pesanan yang datang pertama kali adalah Es Teh Tsunami. Saya terpana melihat ukuran gelasnya yang lebih menyerupai teko dari pada gelas. Jika dituang ke gelas-gelas es teh pada umumnya, mungkin bisa jadi 3-4 gelas. Untung cuma pesan 2 Es Teh Tsunami untuk 4 orang.
Es Teh Tsunami. Sumber: bukanrastaman.com

 ∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞∞
Semua kerang yang kami pesan, dimasak dengan cara direbus. Kecuali kerang tahu yang dimasak dengan cara digoreng. Dan disajikan dengan 2 jenis saus. Yang pertama adalah saus padang. Dan yang kedua adalah saus resep rahasia dari Kerang Kiloan Mamaji.
Sempat merasa h2c (harap-harap cemas) ketika satu persatu menu kerang datang. Bagaimana ya kira-kira rasanya? Amis tidak ya?
Saya ambil Kerang Darah. Di tempat lain, biasanya kerang Darah sulit dibuka. Tetapi pengalaman itu tidak saya dapat ketika makan di Kerang Kiloan Mamaji. Kerang Darah nya mudah dibuka. Dan rasanya. Nyam nyam nyam.

Kerang Darah

Lalu saya ambil Kerang Bulu. Juga mudah dibuka. Sepertinya Kerang Kiloan Mamaji tidak ingin pengunjungnya kesulitan.
Terlihat sedikit berbulu. Geli-geli enak. Alah
Untuk menu Kerang Ijo, Kerang Tahu, dan Kerang Macan, tidak perlu perjuangan ekstra. Karena cangkangnya memang sudah terbuka.
Kerang Tahu, sudah terbuka cangkangnya

Kerang Macan, bukan anggota trio macan

Kerah Ijo
Saya sempat heran, apa resep dari Kerang Kiloan Mamaji yang membuat rasa kerang begitu enak. Ada rasa gurih. Selain itu, rasanya tidak begitu amis.
Keresahan saya terjawab sudah ketika saya mendapat penjelasan dari penjga Kerang Kiloan Mamaji. Seenarnya tidak ada resep khusus saat pengolahan. Hanya direbus dan digoreng seperti biasa. Rasa asin pada kerang memang alami karena habitat kerang yang ada di laut. Selain itu, kondisi kerang juga dalam keadaan masih segar. Sehingga bau amis tidak begitu terasa.
Ketika sedang asyik, membuka, mencungkil dan mencocol kerang. Pesanan kami yang terakhir datang. Nasi Paela ala Kerang Kiloan Mamaji. Disajikan dengan sebuah wajan berukuran sedang. Di atasnya terdapat berbagai jenis kerang ditambah dengan udang dan ikan tepung. Sangat menggoda lidah.
Nasi Paela
Porsi nasi Paela di Kerang KiloanMamaji cukup untuk 3-4 orang. 

Berikut ini daftar harga dari berbagai jenis kerang. sudah ditulis di sebuah papan besar.
Daftar Harga

Tertarik mencoba Kerang Kiloan? Datang saja ke Kerang Kiloan Mamaji.


MAMAJI Kerang Kiloan & Co.
Jl. Raya Serpong Kilometer 08. No.94 – Tangerang.
Sebrang Toko Buah Rezeki

4 komentar:

  1. Wah udah di posting nih. Coba cek blog ku deh. Udah domain .com. (pamer)

    BalasHapus
  2. yakin itu kerang macan... kaya keong yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah aku lihat KTPL nya emang bener mas. nama dan fotonya sesuai. Hwehehe

      Hapus