Kamis, 27 Agustus 2015

Mabok Di Rumah Sum-Sum

Bogor, kota yang dikenal dengan ceweknya yang cantik kota hujan, tampak sejuk meskipun matahari bersinar terik. Beberapa angkot yang jumlahnya entah sampai seribu atau tidak, lalu lalang di jalanan. Becampur dengan beberapa mobil dan motor berplat “B” yang juga ikut-ikutan memadati jalanan. Saya juga tak mau kalah, motor saya yang berplat “W” juga ikut menyelip-nyelip di tengah padatnya lalu lintas kota Bogor.
Kurang afdhol rasanya ke Bogor tapi belum incip-incip makanan di Bogor. Sehingga saya mantapkan hati untuk makan siang di Rumah Sum-Sum. Letaknya di Jalan Lawang Gintung No. 21. Nyempil di pojokan. Kalau kamu mau menuju jalan batu tulis, dari arah jalan Siliwangi/Pajajaran, tengoklah sebelah kanan. Jangan sampai terlewat, karena letaknya di jalan satu arah.

Penampakan. Sumber: http://www.banyumurti.net/2011/03/kuliner-142-rumah-sumsum-bogor.html
Menu yang disajikan di tempat makan ini tentunya semua yang berbahan sum-sum. Ada Sop Sum-Sum. Ada Nasi Bakar Sum-Sum. Ada Sate Sum-Sum. Ada juga Es Sum-Sum. Ada juga beberapa makananan lain yang kesumsum-sumsuman yang belum saya sebutkan.
Awalnya saya dan istri saya akan memesan 2 porsi paket 1. Yang berisi Sop Sum-Sum dan nasi putih serta teh botol. Tetapi setelah melirik meja sebelah yang juga sedang menikmati Sop Sum-Sum, kami berubah pikiran. Akhirnya kami memesan paket 2. Isi dari paket 2 adalah Sop Sum-Sum, Nasi Bakar Sum-Sum, Iga Bakar dan juga nasi putih serta satu teh botol.
Ivan dan Selvi yang awalnya juga akan memesan 2 porsi paket 1 akhirnya juga memesan seporsi paket 2.
Tak lama kemudian, Nasi Bakar Sum-Sum dan Iga Bakar datang. Tanpa perlu dikomando, saya dan istri saya langsung menyantap makanan yang sudah datang. Karena Sop Sum-Sum belum datang, maka kami harus berbagi makanan terlebih dahulu. Sungguh sangat hemat romantis sekali. Makanan sudah hampir habis. Sop Sum-Sum tak kunjung datang. Mungkin sang pemilik kedai ingin menahan kami lebih lama. agar kedainya terlihat lebih ramai. Mungkin.

Iga Bakar plus Nasi Bakar
Setelah beberapa waktu lamanya, Sop Sum-Sum yang dinantikan akhirnya dihidangkan. Kepulan asapnya sungguh menggoda sekali.
Sop Sum-Sum berisi Sop dengan potongan tulang sapi yang memenuhi mangkok. Sum-sum nya masih terletak di dalam tulangnya. Sehingga jika kita mau memakannya, harus menggunakan sedotan atau sendok teh. Perlu sedikit perjuangan memang. Tapi di situlah justru letak kenikmatannya. Bukankah suatu yang diperjuangkan, juga akan lebih berarti saat kita mendapatkannya.

Saya dan Sop Sum-Sum
Saya mengambil nasi putih dan berniat untuk membaginya dengan istri saya. Akan tetapi istri saya menolak nasi yang saya tawarkan dan berdalih sudah terlalu kenyang. Sehingga saya terpaksa menghabiskan semua nasinya. Sedangkan istri saya duduk santai sambil srupat-sruput Sop Sum-Sum. Sesekali menyedot sum-sum yang masih di dalam tulang sapi dengan menggunakan sedotan.
Baru beberapa sruputan dan sedotan, istri saya sudah merasa sangat kenyang. Sehingga lagi-lagi, saya terpaksa menghabiskan semuanya. Dengan usaha yang gigih, akhirnya saya mampu menghabiskan semua makanan yang terpesan. Saya hampir merasa mabok sum-sum, karena saking banyaknya porsi Sop Sum-Sum.
Bagi penggemar sum-sum garis keras, tempat ini wajib untuk didatangi. Kalau hanya penggemar sum-sum abal-abal seperti saya, tempat ini kurang begitu saya rekomendasikan. Apalagi yang memiliki masalah dengan kolesterol, jangan dulu deh.

6 komentar:

  1. oooo. di sekitaran bogor ada juga... baru mau nyoba.. eh.. diingetin kalau yang kolesterol hati-hati... #mundur perlahan-lahan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, boleh kok dicoba. kalau cuma sekali aja gpp kok. hehehehe

      Hapus
  2. noted dulu ah, sing sruuuput pancen enduuus

    BalasHapus
  3. Kalo naik angkot, bisa ke sana nggak ya? Maksudku langsung turun di depannya. *ngiler jadi mau nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok kak, tapi kalau nama angkotnya saya kurang tau. hehehe. maafkeun daku, kesana kemarin naik motor. tapi ini ada nomer telepon kedainya (0251)-8314579.

      selamat mencoba :)

      Hapus